Home » » Terkini : Sebanyak 30 Simbol Kuliner Terlapor, Dimotivasi Untuk Jadi Bidang Ilmu Pariwisata Indonesia

Terkini : Sebanyak 30 Simbol Kuliner Terlapor, Dimotivasi Untuk Jadi Bidang Ilmu Pariwisata Indonesia

Sebanyak 30 Simbol Kuliner Terlapor, Dimotivasi Untuk Jadi Bidang Ilmu Pariwisata Indonesia

objek wisata terkenal di indonesia
Pontensi kuliner pariwisata Indonesia yang begitu besar memotivasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menjadikan kulinologi (culinology) atau tata boga sebagai bidang tersendiri dalam ilmu pariwisata Indonesia.

Seperti disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di Jakarta, Selasa 4 Juni 2013, upaya ini sekaligus untuk mendinamisasi regulasi pendidikan khususnya di bidang pariwisata Indonesia yang dalam beberapa waktu terakhir mengalami kemacetan.

Sesuai informasi Mari, pihaknya saat ini sedang terus mengumpulkan dan mengidentifikasi beragam jenis kuliner/masakan nusantara dan mengarsipkannya. Sampai kini, pihaknya sudah berhasil mendokumentasikan sebanyak hampir 30 ikon kuliner/masakan Nusantara.

Dia berharap ke depan kuliner Nusantara yang bersifat tradisional lebih banyak untuk dipelajari mendalam dan bisa dipromosikan sebagai salah satu daya tarik wisata Indonesia. Khususnya produk kuliner berbahan baku lokal.

Research Chef Association memberi informasi, kulinologi (culinology) adalah suatu sinergi dari seni kuliner dan ilmu dan teknologi pangan. Sedangkan gastronomi atau tata boga adalah studi mengenai hubungan antara budaya dan makanan, di mana gastronomi mempelajari berbagai komponen budaya dengan makanan sebagai pusatnya (seni kuliner) untuk mendorong pariwisata Indonesia.

sumber informasi : hx xp:// i - 2. co /dm